Metode Ummi Tingkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an: Inovasi Efektif di TPQ

Mpd.umsida.ac.id-TPQ As-Syifa telah menerapkan metode Ummi sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Metode ini dikenal sebagai pendekatan efektif yang memperhatikan tajwid dan tartil, dua komponen penting dalam membaca Al-Qur’an. Di TPQ As-Syifa, siswa belajar dengan disiplin, mulai dari jilid 1 hingga jilid 6, dengan penekanan pada penguasaan tajwid yang benar.

Metode Ummi ini menggunakan pendekatan bahasa ibu, yaitu belajar dengan penuh kasih sayang. Siswa belajar secara bertahap, mulai dari mengenal huruf hingga mampu membaca dengan lancar. Setiap siswa harus menyelesaikan jilid satu per satu sebelum melanjutkan ke tingkat berikutnya, memastikan bahwa mereka benar-benar paham dan bisa membaca Al-Qur’an dengan benar.

Manfaat dan Tantangan Implementasi Metode Ummi

Penggunaan metode Ummi di TPQ As-Syifa telah terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain mampu meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, metode ini juga membuat siswa lebih memahami tajwid, sehingga bacaan mereka menjadi lebih indah dan akurat. Guru-guru yang mengajar menggunakan metode ini juga menjalani sertifikasi khusus, menjamin mereka memiliki kompetensi yang diperlukan.

Namun, seperti setiap metode pembelajaran, tantangan tetap ada. Salah satu tantangan utama adalah perbedaan kemampuan siswa. Ada siswa yang cepat menguasai, sementara yang lain memerlukan waktu lebih lama. Untuk mengatasi ini, guru memberikan perhatian khusus dan meluangkan waktu tambahan untuk membantu siswa yang lambat. Guru berperan penting dalam menjaga kualitas pembelajaran, dengan evaluasi yang dilakukan secara teratur.

 Langkah-Langkah Guru dalam Mengajar dengan Metode Ummi

Proses pembelajaran dengan metode Ummi di TPQ As-Syifa mengikuti langkah-langkah yang sistematis. Pertama, guru membuka kelas dengan doa, dilanjutkan dengan apersepsi untuk menghubungkan materi yang diajarkan sebelumnya. Setelah itu, konsep-konsep baru diperkenalkan dengan cara yang mudah dipahami. Latihan dan pengulangan menjadi kunci dalam pembelajaran ini, di mana siswa berlatih membaca Al-Qur’an dengan bimbingan guru.

Evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan setiap siswa memahami dan mampu menerapkan tajwid. Dengan pendekatan yang terstruktur dan penuh kasih sayang, metode Ummi memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di TPQ As-Syifa.

Metode ini telah membawa perubahan positif bagi siswa, membuat mereka lebih percaya diri dalam membaca Al-Qur’an. Langkah-langkah pengajaran yang teratur, serta dukungan dari guru yang kompeten, menjadikan TPQ As-Syifa sebagai contoh sukses dalam penerapan metode Ummi

Penulis: A. Hasbul Wafi