Meningkatkan Kompetensi Pendidikan Islam: Perbandingan Sistem di Indonesia dan Malaysia

Mpd.umsida.ac.id Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPD) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus membangun wacana akademik yang relevan dengan tantangan global. Dalam sebuah kajian menarik, Mpd Umsida menyoroti dinamika perbandingan pendidikan Islam antara Indonesia dan Malaysia, memberikan pemahaman mendalam tentang peluang dan tantangan dalam pengembangan pendidikan berbasis nilai Islam.

Pendidikan Islam sebagai Pilar Strategis di Dua Negara

Kajian ini menyoroti pentingnya pendidikan Islam sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional di Indonesia dan Malaysia. Keduanya berbagi sejarah panjang dalam memanfaatkan pendidikan Islam sebagai alat pembentukan karakter bangsa. Namun, dinamika perkembangannya menunjukkan tantangan yang berbeda sesuai dengan konteks sosio-politik masing-masing negara.

Baca Juga:Inovasi Perpustakaan Tanpa Buku: Terobosan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Umsida dalam Meningkatkan Literasi Pesantren

Di Indonesia, pendidikan Islam memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan lembaga pesantren, yang kini berkembang menjadi madrasah dengan pendekatan modern. Di sisi lain, Malaysia telah mengintegrasikan pendidikan Islam dalam sistem nasionalnya melalui kebijakan seperti program j-QAF, yang memperkuat kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, bahasa Arab, dan pemahaman agama sejak dini.

Pelajaran dari Perbedaan Pendekatan

Kajian ini juga mengungkapkan perbedaan mendasar dalam pendekatan pendidikan Islam di kedua negara. Di Malaysia, pendidikan Islam mendapatkan dukungan langsung dari negara sebagai agama resmi, dengan pengawasan langsung oleh Yang Dipertuan Agong. Hal ini memungkinkan adanya perhatian khusus pada kualitas pendidikan Islam, seperti penekanan pada program j-QAF.

Sebaliknya, di Indonesia, pendidikan Islam berjalan berdampingan dengan sistem pendidikan nasional lainnya, dengan pengelolaan yang terpisah oleh Kementerian Agama. Hal ini menciptakan dinamika unik, di mana lembaga pendidikan Islam harus bersaing dan berinovasi dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Meski demikian, pesantren di Indonesia tetap menjadi pusat pembelajaran nilai-nilai Islam yang kokoh dan berdaya saing tinggi.

Implikasi untuk Masa Depan Mpd Umsida

Melalui kajian ini, Program Studi Mpd Umsida berkomitmen untuk mengambil pelajaran dari keunggulan sistem pendidikan Islam di kedua negara. Dengan mengintegrasikan pendekatan modern dan tradisional, MPD Umsida berupaya menciptakan model pendidikan yang relevan dengan kebutuhan era globalisasi. Penelitian ini menjadi langkah awal untuk menyusun strategi yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di tanah air.

Dekan FAI Umsida menyampaikan, “Kajian ini menunjukkan betapa pentingnya sinergi antara kebijakan pendidikan dan nilai-nilai keislaman dalam menciptakan generasi yang unggul. Mpd Umsida akan terus mendukung inisiatif akademik yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.”

Baca Juga:FAI Umsida Lepas 11 Mahasiswa ke UniSZA Malaysia dalam Program Student Mobility

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, Mpd Umsida berharap dapat menjadi motor penggerak dalam pengembangan pendidikan Islam yang adaptif dan berdaya saing global. Kajian ini menjadi bukti bahwa MPD Umsida tidak hanya berfokus pada pengajaran, tetapi juga pada penelitian yang memberikan dampak signifikan bagi masyarakat.

Bertita Terkini

Kaprodi S2 MPI Umsida Dampingi Tim PKM Hingga Raih Juara 3 PIMTANAS PTMA 2025
December 17, 2025By
Mendidik Generasi Z: Mengintegrasikan Platform Digital dalam Pembelajaran di Era Digital
December 11, 2025By
Pembentukan Karakter Religius Melalui Shalat Dhuha Bersama di Sekolah Dasar
December 5, 2025By
Mobile Counselling Online Karya S2 MPI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI 7
November 28, 2025By
s2
S2 MPI Umsida Perkuat Kompetensi Mahasiswa melalui Student Mobility dan MoU dengan PPMI Assalaam
November 22, 2025By
kerja-sama-mpi-ums
s2 MPI Umsida Jalin Kerja Sama Akademik dengan UMS dan Pondok Assalam untuk Penguatan Pendidikan Islam
November 9, 2025By
Kolaborasi Dosen Umsida dan UniSZA Kaji Kebijakan Rekrutmen Guru di Indonesia dan Malaysia
November 3, 2025By
Inkuiri
Pembelajaran Berbasis Inkuiri dan Dampaknya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
October 27, 2025By

Prestasi

Kaprodi S2 MPI Umsida Dampingi Tim PKM Hingga Raih Juara 3 PIMTANAS PTMA 2025
December 17, 2025By
Mobile Counselling Online Karya S2 MPI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI 7
November 28, 2025By
Yopi Agusta Raih Wisudawan Terbaik S2 MPI Umsida dengan IPK Hampir Sempurna, Inilah Perjalanan Inspiratifnya
July 28, 2025By
Sahrul Arifin, Wisudawan Terbaik FAI Umsida: Inspirasi Perjuangan dan Pengelolaan Waktu yang Bijak
October 29, 2024By
Guru MIM 1 Kota Probolinggo (Mahasiswa MMPI FAI UMSIDA) Raih Yudisium Terbaik FAI Umsida
November 23, 2023By