Program Studi (S2) Magister Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berdasarkan SK No. 895/SK/BAN-PT/Ak-PJJ/M/II/2021 telah terakreditasi BAIK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (BAN PT Kemenristekdikti). Tahun 2024 Program Studi (S2) Magister Manajemen Pendidikan Islam telah melaksanakan perpanjangan re-akreditasi untuk upgrade akreditasi menuju Akreditasi Unggul.
Program Studi (S2) Magister Manajemen Pendidikan Islam telah mengkaji dan menyiapkan lulusannya untuk siap mengelola dan mengembangkan lembaga Pendidikan yang profesional, unggul, dan inovatif di tingkat ASEAN dalam manajemen pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat pada tahun 2038. Program Studi (S2) Magister Manajemen Pendidikan Islam berupaya menggali gagasan, pemahaman dan praktik kepemimpinan yang direfleksikan ke dalam gagasan, teori dan praktek sesuai dengan tuntutan pendidikan masa kini yakni;
1. Keilmuan lulusan S2 Manajemen Pendidikan Islam mampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan untuk menjamin kualitas pendidikan yang unggul dan inovatif berdasarkan nilai-nilai Islam
2. Keilmuan lulusan S2 Manajemen Pendidikan Islam mampu menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif
3. Keilmuan lulusan S2 Manajemen Pendidikan Islam harus mampu memiliki kemampuan teknologi digital dalam pengelolaan manajerial dan pengembangan lembaga pendidikan Islam
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi (S2) Magister Manajemen Pendidikan Islam telah merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014 meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. CPL yang ditetapkan menjadi alat ukur dari apa yang diperoleh mahasiswa dalam menyelesaikan proses belajar yang terbagi dalam 4 unsur yaitu sikap, keterampilan umum (KU), keterampilan khusus (KK), dan pengetahuan. CPL yang disusun sesuai dengan profil lulusan Prodi S2 MPI yaitu: “Menjadi Pendidik, Manajer, dan Konsultan pengembang lembaga pendidikan berdasar nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat”. Daya saing lulusan Prodi S2 MPI adalah sebesar 98% lulusannya telah terserap pada dunia kerja dengan kompetensi lulusannya didasarkan pada profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Perumusan CPL Prodi S2 MPI diturunkan dari bahan kajian (body of knowledge), pembentukan mata kuliah beserta bobot sks, peta kurikulum, desain pembelajaran yang dinyatakan dalam Rencana Pembelajaran Semester. (RPS), bahan ajar, serta instrumen penilaian dan evaluasi. CPL terdiri dari aspek: sikap, dan keterampilan umum diadopsi dari SN-Dikti, serta aspek pengetahuan, dan keterampilan khusus mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjangnya.
Manajemen dan mekanisme pelaksanaan kurikulum Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI) telah dirancang, disusun dan dilaksanakan dengan melibatkan tim kurikulum Prodi S2 MPI dengan memperhatikan segala masukan dari tim ahli, pedoman (SN DIKTI), analisis kebutuhan stake holder, dan mahasiswa sehingga struktur kurikulum memenuhi standar kurikulum yang telah ditentukan oleh DIKTI dan dievaluasi oleh LP3 UMSIDA. Mekanisme pelaksanaan kurikulum yang diimplementasikan di Prodi S2 MPI mencakup isi pembelajaran (kurikulum), proses pembelajaran (pembelajaran, suasana akademik, integrasi penelitian dan PKM dosen ke dalam pembelajaran), monitoring dan evaluasi pembelajaran, serta penilaian pembelajaran. Mekanisme pelaksanaan kurikulum tersebut telah terimplementasi pada Rencana Perkuliahan Semester (RPS), modul pembelajaran, dan kesesuaian soal UTS dan UAS. Pada bagian ini telah diuraikan bagaimana FAI mengalokasikan sumber daya untuk mencapai standar yang telah ditetapkan dan maupun kontrol pencapaiannya.
1. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu berfikir holistik, komprehensif, dan Islami serta mampu menjalin dan mengembangkan jejaring dengan kemitraan pendidikan;
2. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan Islam berlandaskan Al Qur’an dan Hadist;
3. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu merencanakan, melaksanakan, dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang manajemen pendidikan Islam;
4. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu menganalisis dan memecahkan problematika manajemen pendidikan islam secara global;
5. Lulusan S2 MPI UMSIDA menguasai paradigma keilmuan nondikotomis (integrasi, interkonseksipohon ilmu, roda ilmu) dan berbagai variasinya dalam bidang manajemen pendidikan islam;
6. Lulusan S2 MPI UMSIDA menguasai dan mengembangkan teori sebagai landasan keilmuan manajemen pendidikan islam berdasarkan pendekatan multidisipliner;
7. Lulusan S2 MPI UMSIDA menguasai tahapan-tahapan dan praktik pengelolaan lembaga pendidikan islam secara konseptual dan sistematis;
8. Lulusan S2 MPI UMSIDA menguasai dan mengembangkan teori-teori kepemimpinan islam yang dapat diterapkan dalam mengelola lembaga pendidikan islam untuk menumbuhkembangkan jiwa dan karakter kepemimpinan profetik.
1. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu menganalisis kebijakan pendidikan berbasis penelitian;
2. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu mengembangkan Manajemen Pendidikan berbasis khasanah lokal;
3. Lulusan S2 MPI UMSIDA memiliki kemampuan teknologi digital dalam pengelolaan manajerial dan pengembangan lembaga pendidikan Islam;
4. Lulusan S2 MPI UMSIDA mampu menyusun publikasi artikel ilmiah berbasis penelitian dan pengabdian bagi masyarakat.
Dosen-dosen prodi Manajemen Pendidikan Islam memiliki kompetensi Guru Besar dan Doktor sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi di diantaranya; 1) Teori Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Lembaga Pendidikan, 2) Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Islam, 3) Manajemen Pengembangan SDM, 4) Manajemen Pengembangan Pesantren, 5) Supervisi dan Evaluasi Lembaga Pendidikan, 6) Manajemen Pembiayaan Lembaga Pendidikan, 7) Manajemen Pemasaran dan Hubungan Masyarakat, 8) Analisis Kebijakan Pendidikan, serta 9) Perencanaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam. Dosen-dosen pengajar Prodi S2 MPI UMSIDA antara lain: Prof. Ach. Jainuri, Ph.D., Dr. Hidayatulloh, M.Si, Dr. Istikomah, M.Ag, Dr. Eni Fariyatul Fahyuni, M.Pd.I, dan lain-lain.
Prodi S2 MPI UMSIDA memiliki beberapa laboratorium di lapangan dan di kampus, untuk meneliti dan mengkaji berbagai Best Practices Pendidikan. Lab manajemen Pendidikan juga menjadi forum diskusi ilmiah mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai temuan persoalan akademis pada kegiatan penelitian dan pengabdian bagi masyarakat.
Mahasiswa S2 MPI UMSIDA aktif melakukan berbagai kegiatan baik penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktif mengikuti berbagai seminar dan berbagai forum diskusi, baik di dalam negeri maupum di luar negeri antara lain ke Malaysia, Thailand, dan Filipina.
Prodi S2 MPI UMSIDA juga memfasilitasi mahasiswa untuk berorganisasi dengan adanya Himpunan Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam (HMMMPI). Beberapa kegiatan sudah dilaksanakan oleh HMMMPI diantaranya seminar, pelatihan, klinik penulisan artikel iliah dan lainnya.
Alumni S2 MPI UMSIDA telah tergabung dalam sebuah wadah himpunan alumni yang bernama Ikatan Alumni Pascasarjana (IKA-Pascasarjana) Program studi S2 MPI UMSIDA.