Gerakan Literasi Sekolah Tingkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 2 Tulangan

Pgmi.umsida.ac.id-Rendahnya minat baca di Indonesia masih menjadi permasalahan serius. Survei tahun 2019 menempatkan Indonesia pada peringkat ke-62 dari 70 negara dalam hal kemampuan literasi. Untuk mengatasi masalah ini, pada tahun 2015, pemerintah meluncurkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Tujuan Program

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan minat baca siswa dari tingkat prasekolah hingga sekolah menengah. Dengan menggalakkan budaya membaca, program ini diharapkan mampu mengubah pola pikir siswa terhadap pentingnya literasi.

Penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Tulangan menunjukkan bahwa GLS telah diterapkan di sekolah tersebut selama kurang lebih empat tahun.

Sarana dan prasarana untuk mendukung program ini juga sudah mencukupi. Namun, selama masa pandemi, pelaksanaan GLS sempat terhambat karena keterbatasan waktu belajar di sekolah.

Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Kelas I SD Muhammadiyah 2 Tulangan

Program GLS di SD Muhammadiyah 2 Tulangan saat ini berada dalam tahap pembiasaan. Pada tahap ini, siswa kelas I diberikan bacaan ringan dengan durasi 15 menit setiap hari Senin hingga Kamis. Pembiasaan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca sejak dini, khususnya bagi siswa yang baru saja lulus dari jenjang TK dan belum terbiasa dengan aktivitas membaca dan menulis.

Salah satu metode yang diterapkan adalah membaca nyaring yang dilakukan oleh guru. Setiap hari, siswa diminta untuk menceritakan kembali isi bacaan dalam bentuk tulisan sebagai bahan evaluasi.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh GLS terhadap keterampilan membaca siswa. Sebanyak 24 siswa kelas I menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes membaca, dan angket.

Hasil Penelitian: Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GLS memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca siswa. Berdasarkan uji regresi linier, diketahui bahwa variabel Gerakan Literasi Sekolah memberikan pengaruh sebesar 73,8% terhadap keterampilan membaca siswa kelas I.

Lebih dari 50% siswa menunjukkan keterampilan membaca yang sangat baik, dengan nilai antara 80 hingga 100. Sisanya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca, meskipun masih berada pada kategori baik dan cukup.

Keterampilan membaca yang dinilai dalam penelitian ini meliputi kelancaran membaca, intonasi, ketepatan lafal, dan ketepatan penggunaan tanda baca.

Siswa yang terlibat dalam penelitian ini mampu menunjukkan peningkatan dalam setiap aspek tersebut. Faktor internal, seperti kegemaran membaca, dan faktor eksternal, seperti dukungan lingkungan sekolah, turut mempengaruhi hasil ini.

Selain itu, hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa siswa yang terbiasa dengan kegiatan membaca memiliki keterampilan literasi yang lebih baik dibandingkan siswa yang jarang membaca.

Dengan artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami pentingnya program Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Program ini menjadi solusi untuk menumbuhkan minat baca di kalangan siswa sejak dini.

Sumber : Impact of the School Literacy Movement on Reading Skills of Grade I Students T Lestari, R Astuti – Indonesian Journal of Education Methods …, 2023

 

 

Bertita Terkini

Kaprodi S2 MPI Umsida Dampingi Tim PKM Hingga Raih Juara 3 PIMTANAS PTMA 2025
December 17, 2025By
Mendidik Generasi Z: Mengintegrasikan Platform Digital dalam Pembelajaran di Era Digital
December 11, 2025By
Pembentukan Karakter Religius Melalui Shalat Dhuha Bersama di Sekolah Dasar
December 5, 2025By
Mobile Counselling Online Karya S2 MPI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI 7
November 28, 2025By
s2
S2 MPI Umsida Perkuat Kompetensi Mahasiswa melalui Student Mobility dan MoU dengan PPMI Assalaam
November 22, 2025By
kerja-sama-mpi-ums
s2 MPI Umsida Jalin Kerja Sama Akademik dengan UMS dan Pondok Assalam untuk Penguatan Pendidikan Islam
November 9, 2025By
Kolaborasi Dosen Umsida dan UniSZA Kaji Kebijakan Rekrutmen Guru di Indonesia dan Malaysia
November 3, 2025By
Inkuiri
Pembelajaran Berbasis Inkuiri dan Dampaknya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
October 27, 2025By

Prestasi

Kaprodi S2 MPI Umsida Dampingi Tim PKM Hingga Raih Juara 3 PIMTANAS PTMA 2025
December 17, 2025By
Mobile Counselling Online Karya S2 MPI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI 7
November 28, 2025By
Yopi Agusta Raih Wisudawan Terbaik S2 MPI Umsida dengan IPK Hampir Sempurna, Inilah Perjalanan Inspiratifnya
July 28, 2025By
Sahrul Arifin, Wisudawan Terbaik FAI Umsida: Inspirasi Perjuangan dan Pengelolaan Waktu yang Bijak
October 29, 2024By
Guru MIM 1 Kota Probolinggo (Mahasiswa MMPI FAI UMSIDA) Raih Yudisium Terbaik FAI Umsida
November 23, 2023By