Himpunan Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam (HMMMPI) aktif melakukan berbagai kegiatan baik penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktif mengikuti berbagai seminar dan berbagai forum diskusi, baik di dalam negeri maupum di luar negeri.
Himpunan Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam (HMMMPI) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Program Studi yang memiliki peran, tugas dan tanggungjawab menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler guna menunjang dan mengembangkan keilmuan dan kompetensi mahasiswa pada bidang manajemen pendidikan Islam berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat. Aktivitas mahasiswa yang sudah dilaksanakan diantaranya;
Webinar ini bertujuan mengenalkan dan melatih mahasiswa pada metodologi penelitian Pendidikan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian di bidang pendidikan dapat dilakukan dengan menggunakan rancangan kuantittaif, prioritasnya tidak selalu mampu mengukur secara objektif dampak suatu faktor tertentu untuk keperluan generalisasi, tetapi mengeksplorasi masalah kontekstual dan subyektif yang terlibat dalam situasi tertentu di lingkungan pendidikan. Hasil temuan dalam penelitian pemdidikan membawa dampak positif bagi perbaikan pendidikan karena itu mahasiswa S2 MPI UMSIDA yang professional diharapkan tetap semangat melakukan penelitian dengan mengangkat isu pendidikan yang inovatif dan inspiratif yang akan mempengaruh perbaikan proses pembelajaran, kurikulum dan kebijakan- kebijakan di lingkungan pendidikan.
Webinar ini bertujuan mengenalkan dan melatih mahasiswa pada metodologi penelitian Pendidikan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian di bidang pendidikan dapat dilakukan dengan menggunakan rancangan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan suatu strategi inquiri yang menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, karakteristik, gejala, simbol maupun deskripsi tentang suatu fenomena, fokus dan multimetode, bersifat alami dan holistik, mengutamakan kualitas, menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara naratif.
Menulis di jurnal nasional bereputasi dan internasional bereputasi merupakan salah satu cara meningkatkan kolaborasi dan koneksi mahasiswa sebagai peneliti professional dengan menemukan fakta dan keilmuan baru yang sangat dibutuhkan bagi pengembangan dan peningkatan dunia pendidikan untuk mampu mencetak generasi masa depan yang Islami, cerdas dan tangguh menghadapi tantangan global di masa mendatang. Kegiatan penulisan artikel ilmiah oleh sebagian mahasiswa S2 MPI UMSIDA masih dianggap sebagai sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Kegiatan Webinar ini bertujuan untuk membantu peneliti mampu menyusun dan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada jurnal nasional maupun internasional bereputasi secara efektif. Kegiatan Webinar Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional dan Internasional ini berorientasi pada publikasi artikel di jurnal-jurnal kategori bereputasi. Materi penulisan artikel disusun berdasarkan sistematika penulisan artikel umumnya dengan menggunakan sistematika IMRAD (Introduction, Method, Results, Discussion, Implication, & Conclusion).
Seiring perkembangan teknologi informasi di era revolusi industry 4.0 menuntut berbagai pihak khususnya dunia pendidikan untuk harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Inovasi teknologi pada layanan bimbingan konseling diharapkan mampu meningkatkan self efficacy dan motivasi berprestasi siswa SMP & SMA di Kabupaten Sidoarjo. Hasil riset menunjukkan layanan bimbingan konseling online terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar siswa (Gozali, 2020) dengan siswa mampu problem solving dan mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya (Yusuf, 2011). Untuk itu diperlukan inovasi layanan bimbingan dan konseling online berbasis android yang mampu memfasilitasi kebutuhan, kenyaman dan kerahasiaan penggunanya. Komunikasi via internet saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses pengajaran (Koper, 2014). Salah satunya pada layanan konseling online yang semakin meluas dengan berbagai manfaatnya. Layanan bimbingan konseling daring yang selama ini diterapkan di masa pandemic COVID-19 belum dapat terlaksana dengan optimal dikarenakan keterbatasan fasilitas pendukung yang digunakan. Inovasi layanan jarak jauh yang bersifat online tentunya harus mempertimbangkan desain, instruksi dan teknik penyampaian yang memperhatikan unsur estetika pada produk berupa mobile Counselling Online.
Kemajuan teknologi abad 21 menuntut pendidik untuk segera beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. Dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan percepatan kemajuan teknologi dan menghubungkan pembelajaran didalam dan diluar kelas. Flipped Classroom melibatkan pergeseran energi dari instruktur menuju keaktifan siswa denganmemanfaatkan teknologi untuk meningkatkan lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain lingkungan belajar berbasis Flipped classroom. Desain ini memberikan gambaran alur pembelajaran yang sistematis berdasarkan pada kajian flipped classroom dan lingkungan belajar yang telah dibangun oleh peneliti sebelumnya.
Penelitian ini merupakan literature review dan telah melalui proses perancangan dan validasi para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain lingkungan belajar berbasis flipped classroom terbukti layak, valid, dan praktis untuk diterapkan di sekolah.