TERAKREDITASI "B" (SK BAN-PT NOMOR: 1146/SK/BAN-PT/AKRED/M/XI/2015)

DARI SINI PENCERAHAN BERSEMI

 
Prodi MPI memiliki program-program unggulan sebagai berikut:


VISITING STUDENT PROGRAM
Program ini mengantar mahasiswa untuk dapat mengikuti aktivitas studi di perguruan tinggi atau lembaga riset mitra luar negeri dalam bentuk perkuliahan (mengambil kredit/ credit transfer) atau bimbingan riset untuk penyelesaian tesis. Progam ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah menempuh minimal 12 sks untuk format credit transfer dan minimal 24 sks untuk format penyelesaian riset tesis.

STUDY OUTREACH PROGRAM
Program ini memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan lawatan ilmiah ke lembaga lain baik dalam atau luar negeri. Program ini dapat mewujud dalam beberapa bentuk: (1) Mengikuti seminar atau workshop ilmiah yang diselenggarakan oleh lembaga luar UMSIDA; atau (2) Mengikuti kunjungan ke sekolah atau kampus luar UMSIDA dalam rangka diseminasi dan presentasi hasil riset atau kajiannya baik di dalam kelas atau forum ilmiah yang diorganisir atau dikelola oleh lembaga luar UMSIDA. Program ini dapat diikuti oleh setiap mahasiswa Prodi Magister MPI selama masih berstatus aktif sebagai mahasiswa.

GRADUATE RESEARCH GRANT
Program ini ditujukan untuk mahasiswa Prodi Magister MPI yang tengah menempuh proses penyelesaian riset tesis. Formatnya dapat mewujud dalam dua bentuk, yaitu: (1) Bagian dari riset kompetitif dosen yang dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai riset tesisnya; atau (2) Hibah yang memang dapat diakses mahasiswa S2 untuk membantu menyelesaikan riset tesisnya dari sumber pendanaan eksternal atau hasil kemitraan Prodi Magister MPI dengan pihak lain.

JOINT SCIENTIFIC PUBLICATION
Program ini memfasilitasi publikasi hasil kajian atau riset tesis mahasiswa Prodi Magister MPI dalam bentuk buku cetak atau elektronik melalui kerjasama dengan UMSIDA Press. Proses seleksi kelayakan dan ketentuan lainnya mengikuti standar yang diterapkan oleh UMSIDA Press di bawah koordinasi Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah (P3I) UMSIDA.

INTERNSHIP PROGRAM
Program ini memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki pengalaman aktual sebagai pendidik atau dosen di perguruan tinggi. Pelaksanaannya dalam bentuk mengajar dengan segala persiapannya di program S1/D4 dalam beberapa sesi tatap muka di bawah supervisi dari dosen pembimbing akademiknya selaku dosen senior pengampu mata kuliah. Program ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa Prodi Magister MPI yang telah menempuh 36 sks dan sedang dalam proses penyelesaian riset tesis.